3 Herbal Asli Indonesia yang Ampuh untuk Lawan Virus termasuk Omicron

Post a Comment

Lawan Covid sudah jadi agenda kita sejak awal tahun 2020. Sampai sekarang kita masih berjuang. Varian baru bernama Omicron sedang jadi episentrum di ibukota. Saya sarankan kita semua segera kembali ke alam. Kembali ke konsumsi herbal. Ada tiga herbal asli Indonesia yang sangat ampuh lawan virus dan bakteri. Mau tahu?

Sambiloto, jahe, dan meniran adalah herbal asli Indonesia. Mereka sudah lama diketahui sebagai sumber vitamin dan mineral yang mampu memperkuat daya tahan tubuh. Dipercaya dapat mencegah penularan virus di masa pandemi dari kekuatan imun. 


Sambiloto si raja pahit

Sambiloto sudah sejak lama dikenal sebagai si Raja Pahit. Para ibu jadoel menggunakannya untuk obat demam. Ini ajaran lama. Ternyata bukan hanya menyembuhkan demam namun pencegahan, siapa tahu demam itu berasal dari virus bahaya. Hebat ya para ibu zaman dahulu. Padahal sambiloto itu super pahit. 



Ternyata ini bukan asal klaim, lho. Memang dibuktikan oleh penelitian modern bahwa sambiloto memang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Bisa jadi antidiare dan antibakteri. Penyakit dari gangguan hati juga bisa diminimalisir. 

Berdasarkan bukti ilmiah, sambiloto juga mampu menurunkan kolesterol. Sangat efektif sebagai antidiabetes, antidiare, antidemam, antifertilitas, gangguan liver, dan antibakteri.


Sambiloto sebagai antivirus? Ini buktinya

Sambiloto bisa menjadi sebagai antivirus, karena mampu membantu meningkatkan aktivitas fagositosis sel limfosit yang dapat mengendalikan virus. Ada kandungan utama dalam sambiloto yang berperan dalam imunostimulan, sehingga mampu mencegah penularan virus ke sel lain dan menghentikan perkembangan penyakit dengan memodifikasi sinyal seluler tereduksi. Namanya andrografolid 


Jahe merah sebagai obat anticovid

Jahe Merah dikenal berkhasiat sebagai antiradang. Juga memiliki manfaat untuk memperbaiki sistem pernapasan sehingga cocok jika diandalkan di masa pandemi ini. Seduh setiap hari, baik bubuk maupun rimpang segarnya.

Khasiat lain jahe merah adalah mampu menangkal infeksi bakteri dan virus serta memperkuat sistem imun seseorang. 



Jahe merah dapat menyembuhkan beberapa penyakit seperti masuk angin, sakit tenggorokan, batuk kering, mual muntah, rematik, serta sakit otot. Selain itu ekstrak jahe juga dipercaya mampu mencegah penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah.

Berita baiknya, jahe bisa diminum setiap hari untuk menjaga kesegaran tubuh serta menangkal aneka penyakit di sekitar kita.


Meniran

Meniran atau Phyllanthus urinaria juga tanaman asli Indonesia. Kadang dikira gulma sehingga dicabut. Padahal sangat bermanfaat sebagai antiradang serta mampu bantu mengoptimalkan fungsi dari suplemen.

Saya salah satunya. Beberapa bulan lalu ada teman datang lalu menitipkan biji tanaman herbal yang saya lupa namanya di pot kamboja jepang. Beberapa minggu kemudian di pot besar itu muncul bibit yang seragam bentuknya mirip meniran ini. 



Saya beneran lupa dan karena mengira gulma, saya cabut habis semuanya. Bahkan mengganti tanah bagian permukaan agar tak ada lagi gulma. Saat menulis ini saya diliputi rasa sesal kenapa bisa lupa. Untungnya tanaman ini sangat mudah ditemukan di alam. 

Oh ya, meniran memiliki bentuk batang bulat tegak lurus, tinggi tanaman bisa mencapai satu meter lebih dalam kondisi tanah subur.

Related Posts

Post a Comment