4 Herbal Penangkal Omicron

Post a Comment

Omicron sedang merajalela. Saatnya kita makin aware dengan imunitas tubuh kita. Pakai bahan herbal saja, yang berkhasiat untuk menjaga kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh yang baik dapat melawan infeksi varian Omicron. Coba pakai empat herbal penangkal Omicron ini!



Masa pandemi gini, yang terpenting adalah mau menjaga dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Fungsinya adalah untuk mencegah dan melawan infeksi atau serangan virus/bakteri. Apapun jenisnya. Jika sistem kekebalan tubuh kuat, kemungkinan besar segala macam penyakit dari yang ringan sampai berat dapat ditangkal. 

Herbal memang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, namun sebenarnya juga bukan yang utama. Perlu kebiasaan hidup yang baik. Perlu istirahat cukup, makan dengan tepat nutrisi, mengkonsumsi vitamin, termasuk olahraga. Fungsi herbal adalah meningkatkan apa yang sudah baik. 

Pastilah ingat jika selain menjaga daya tahan tubuh agar kebal penyakit, juga sangat penting untuk menghindari kontak dengan penderita Covid. Penting juga untuk selalu mencuci tangan dengan air dan sabun. Dengan cara yang benar, tentu saja. 

Negara yang paling aktif dalam melawan Covid termasuk jenis Omicron mungkin adalah Tiongkok. Kita tahu bahwa negara ini merupakan gudangnya ahli bidang pengobatan tradisional. Mereka mengklaim bahwa herbal memiliki kekuatan untuk meningkatkan kekebalan ini. Klaim ini sudah diamini oleh sistem pengobatan Barat. 



Saya harus mengutip pernyataan Mark Frost (Ketua Departemen Pengobatan Herbal di American College of Traditional Chinese Medicine), yang menyatakan bahwa bahan herbal dapat melawan patogen. Itu artinya mereka secara aktif melawan mikroorganisme seperti virus, bakteri, cacing, dan serangga. Atau pernyataan Deborah Ann Ballard, seorang Dokter Penyakit Dalam di Duke Integrative Medicine, yang mengatakan bahwa dia merekomendasikan penggunaan berbagai bahan herbal untuk menangkal Omicron. Katanya:

“Memasukkan mereka secara teratur ke dalam makanan sehat memiliki risiko bahaya yang sangat rendah dan peluang yang masuk akal untuk membantu sistem kekebalan kita melawan infeksi.”


Berikut adalah empat herbal yang direkomendasikan oleh para ahli, untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh guna melawan Omicron, yaitu: 


1. Bawang putih

Bawang putih adalah ramuan herbal antimikroba yang kuat, terutama untuk usus. Baput juga berfungsi sebagai antibakteri, antivirus, dan antiprotozoal. Ampuh melawan parasit. Bagus juga untuk melawan infeksi dada dan infeksi pernapasan. 

Senyawa allicin diyakini sebagai senyawa yang paling berperan. 

Sejak sebelum Corona, baput sudah direkomendasikan di dunia Barat sebagai pelawan bakteri seperti salmonella dan E. coli. Dua bakteri penyebab keracunan makanan yang sering melemahkan dan menganggu sistem pencernaan. Termasuk mengobati parasit berupa cacing di usus. Penelitian tentang penggunaan bawang putih untuk mengobati giardiasis (infeksi yang disebabkan oleh parasit) menunjukkan hasil: gejala pasien sembuh dalam 24 jam, setelah mengkonsumsi ekstrak bawang putih 1mg/mL sebanyak dua kali sehari. Bisa diganti dengan kapsul bawang putih 0,6 mg/mL.


2. Ginseng

Gingseng dapat memperkuat aksis HPA— aksis hipotalamus, hipofisis, adrenal—yang bertanggung jawab untuk mengatur respons sistem kekebalan terhadap stres. Kita pasti tahu kalau stres kronis atau parah dapat melemahkan sistem kekebalan. Makanya gingseng menjadi pilihan tepat jika mau mengurangi efek stres pada sistem kekebalan. 

Ginseng dapat menjaga keseimbangan sistem kekebalan dengan mengatur berbagai jenis sel kekebalan termasuk sel T, sel B, sel pembunuh alami, dan makrofag. Bisa cepat mengatasi ancaman terhadap tubuh dan melawannya. Namun kita tetap harus konsultasi pada ahli herbal sebelum menggunakan bahan herbal ini secara mandiri. Yang jelas, gingseng bisa dikonsumsi sebagai teh atau bentuk kapsul ginseng.


3. Echinacea

Echinacea sedang naik daun sebagai pelawan Omicron. Rumah Sakit Gunung Sinai menyatakan bahwa herbal ini memiliki sifat yang dapat menghilangkan rasa sakit dan mengurangi peradangan. Punya efek antivirus dan antioksidan juga. Termasuk ramuan yang ideal untuk mendukung sistem kekebalan dan meningkatkan fungsinya. 



Tinjauan sistematis tahun 2006 yang diterbitkan di Cochrane Library menentukan bahwa mengonsumsi echinacea setelah gejala pilek seperti pilek dan hidung tersumbat, dapat membantu mengurangi durasi sakit dan tingkat keparahan pilek. Namun sayangnya para peneliti mengatakan bahwa hasilnya tidak konsisten di semua studi yang mereka analisis. 

Penelitian terbaru dari Advances in Integrative Medicine menyatakan bahwa "echinacea dapat bermanfaat untuk infeksi saluran pernapasan akut jika ramuan tersebut dikonsumsi pada awal gejala". Bagaimana? Mau pakai Echinacea? Sudah ada ekstraknya yang dibuat di pabrik farmasi besar. Kalau enggan yang pabrikan bisa juga yang kelopak yang segar atau kering diseduh dengan teh. 


4. Reishi

Reishi juga dikenal sebagai Lingzhi. Sejenis jamur. Namanya jamur reishi.

Jamur ini mengandung beta-glukan, yang diyakini dapat merangsang berbagai jenis sel dalam sistem kekebalan tubuh, termasuk monosit, sel pembunuh alami, dan sel dendritik. Dengan merangsang sel-sel ini, mereka lebih mampu mendeteksi dan melawan infeksi. Bahkan ada beberapa bukti bahwa beta-glukan dalam reishi dapat memiliki efek anti-tumor, menghentikan pertumbuhan sel kanker, menurut Pusat Kanker Memorial Sloan Kettering. Namun, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk lebih memahami manfaat jamur resihi.


Sobat Dewa Alam sudah pernah mencoba herbal di atas? Yang mana? Kalau bawang putih pastinya iya karena bahan masakan utama, ya. 

Tetap semangat dalam menjaga kekebalan tubuh. Tetap cerdas dan cermat menangkal Omicron. Tetap patuhi protokol kesehatan, ya


 

Related Posts

Post a Comment