Pola Hidup Sehat ala Dewa Alam

Post a Comment

Hidup sehat itu mudah, sobat. Tak rumit apalagi ngruwit. Apalagi hidup sehat ala Dewa Alam. Dijamin super duper mudah!

Pola Hidup Sehat ala Dewa Alam


Pertama, kita harus tahu dulu dong dengan apa yang disebut sehat. Lebih tepatnya definisi orang sehat. 

Seseorang akan dikatakan sehat jika ia sehat fisik, sehat sosial dan sehat jiwa. Sehat fisik, artinya ia memiliki badan yang sehat dan bugar. Sehat sosial artinya, ia mampu menjalin hubungan baik dengan orang lain. Sehat jiwa artinya ia merasa senang dan bahagia.

Sesimpel itu. Cara dapetinnya juga mudah. Sobat Dewa Alam pasti bisa. Ini nih caranya:

  1. Hindari Stres. 
  2. Istirahat/tidur yang cukup
  3. Mengatur waktu makan dengan baik
  4. Makan makanan Sehat dan bergizi seimbang
  5. Olahraga secara teratur


Tuh, mudah, kan ya? 

Sekarang simak penjelasannya satu per satu


1. Hindari Stres

Tenang, sabar dan selalu positif thinking. Ini kunci anti stress yang sangat ampuh. Sangat bisa digunakan sebagai cara untuk menghindari stres. Tahu nggak, kalau stres dapat menurunkan daya tahan tubuh? Jangan sampai daya tahan tubuh lemah sehingga mudah terserang penyakit.


2. Istirahat/tidur yang cukup

Istirahat/tidur merupakan cara tubuh kita mereset ulang. Ibarat laptop atau HP, saat tidur badan kita melakukan restarting. Jumlah jam dan apa yang terjadi pada tubuh kita saat istrahat menentukan kesehatan manusia. Inilah sebabnya tidur/istirahat menjadi hal yang sangat penting dalam pola hidup sehat ala Dewa Alam. 

Tidur yang cukup akan membuat tubuh kita lebih fit atau lebih sehat. Kita bisa mendapatkan energi dan tenaga yang cukup untuk melakukan kegiatan seharian.

manfaat tidur cukup


3. Mengatur waktu makan dengan baik

Atur waktu makan dengan baik, maka nutrisi yang masuk bisa maksimal manfaatnya. Mengatur waktu makan agar teratur merupakan bentuk dari pola hidup sehat dari alam. 

Ada baiknya kita membuat jadwal tepat waktu makan. Patuhi jadwal tersebut. Dalam hal ini saya jadi ingat pada drama Tiongkok berjudul Dapur Asmara atau Cupid's Kitchen. Jiang Qianfan meski sudah berumur namun kesehatannya sangat prima karena gaya hidupnya yang sehat. Makan pada waktu yang sama persis, misalnya sarapan harus jam 6 tepat. Jika telat, ia memilih tidak makan sekalian, hanya ganti minum air madu. Tubuh kita akan menerima makanan dengan baik pada waktu kita sarapan biasanya. 

Sanggup? 


4. Makan makanan sehat dan bergizi seimbang

Tiap hari kita butuh asupan gizi yang spesifik. Menyesuaikan dengan kondisi tubuh dan kebutuhannya. Makanya perlu belajar ara mengatur makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Ini bisa membuat tubuh selalu prima serta menegah obesitas. Bonusnya, badan akan makin sehat, awet muda, dan hidup lebih lama.


5. Olahraga secara teratur

Manfaat olahraga pastinya sobat Dewa Alam sudah tahu, ya. Apalagi olahraga secara teratur. Badan akan jadi makin bugar. 

Tahu nggak kalau keringat yang keluar saat olahraga juga membawa residu dari tubuh kita. Makanya meski olahraga melelahkan namun malah sangat menyehatkan. Bonusnya, saat kita berolahraga kita akan lebih aktif bergerak sehingga dapat membakar kalori di dalam tubuh.


Mudah sekali ya kalau mau menjaga pol hidup sehat ala dewa alam. Semuanya pasti bisa asalkan mau berusaha.

Nantikan artikel selanjutnya ya....


Newer Oldest

Related Posts

Post a Comment