Sehat dan Bugar

Post a Comment

Jumat berkah. Semoga semuanya baik dan sehat. Juga selalu dalam kondisi yang sehat dan bugar. Penting sekali untuk memastikan bahwa kita berada dalam kondisi tersebut.  


Sebenarnya tidaklah sulit jika ingin selalu sehat dan bugar. Banyak cara untuk mendapatkannya. Misalnya memastikan berstirahat dengan baik, makan makanan bernutrisi, dan berolah raga. Tapi ada cara alternatif yang akan dibahas di Dewa Alam. Apa itu? 


Definisi sehat dan bugar

Sehat adalah keadaan sehat baik secara fisik, mental, spiritual, dan sosial, yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Kita akan menemukannya dalam Undang-Undang nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.

Masih dari UU 36 Tahun 2009 di atas, kita juga akan menemukan definisi bugar.  Bugar adalah kemampuan tubuh untuk melakukan kegiatan sehari-hari dengan penuh energi dan setelah menyelesaikan kegiatan tersebut masih memiliki semangat dan tenaga cadangan untuk menikmati waktu senggang dan siap untuk melakukan kegiatan lain yang mendadak atau tidak terduga. 

Jika menilik definisi di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa sehat adalah kondisi seseorang selalu dalam kondisi yang baik, sedangkan bugar adalah kemampuan tububh beradaptasi dengan kegiatan sehari-hari. Bugar akan didapatkan dari latihan mengerjakan tugas itu berulang-ulang, atau saat kondisi psikis bahagia. 




Kondisi sehat dan faktor yang mempengaruhi

Kondisi sehat seseorang (atau masyarakat) adalah hasil interaksi antara faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal terdiri dari faktor fisik dan psikis. Faktor eksternal terdiri dari berbagai faktor seperti sosial, budaya masyarakat, lingkungan fisik, politik, ekonorni, pendidikan dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, sehat atau kesehatan juga dipengaruhi oleh empat faktor, yaitu lingkungan, gaya hidup/perilaku, pelayanan kesehatan, dan genetik/keturunan. Faktor genetik tidak banyak mempengaruhi karena hanya 5% saja. Lingkungan yang berlaku. Berikut ini kalkulasinya:

1. Faktor lingkungan menpengaruhi sebanyak 45 persen, 

2. Faktor perilaku menpengaruhi sebanyak 30 persen, 

3. Faktor pelayanan kesehatan menpengaruhi sebanyak 20 persen,

4. Faktor genetik hanya berpengaruh sebanyak 5 persen. 


Cara sehat dan bugar dari alam

Kondisi sehat dan bugar seseorang akan didapatkan dari lingkungan yang sehat. Prosentasenya mencapai 45%. Inilah sebabnya kita akan merasa lebih sehat dan bahagia ketika sedang berada di tempat wisata bertema hijau.

Wisata hijau atau agrowisata menawarkan keindahan dan perasaan positif yang bertahan sangat lama. Yang didapatkan bukan hanya perbaikan kondisi psikis sebagai konsekuensi logis setelah mendatangi suatu tempat baru yang indah dan menarik saja. Lebih dari itu, yaitu beberapa detoks yang dilakukan tubuh, baik secara sengaja maupun tidak sengaja.


Sebagai contoh kecil saja, saat berada di agrowisata Desa Rahtawu, biasanya kita akan berjalan lebih jauh dari biasanya. Perjalanan itu membuat kita bergerak lebih banyak dari biasanya, menghirup udara yang segar alami selama berada di sana, juga memakan makanan setempat yang diolah dengan teknologi sederhana yang lebih sehat.



Jalan-jalan sebentar saja, 2-3 jam, menyusuri alam, akan membuat tubuh kita lebih sehat dan bugar. Ini sudah pasti. Sehat dari alam bukan hal yang sulit.

Namun kita tak bisa selalu ke agrowisata, bagaimana menyiasatinya? Jawabannya adalah istirahat cukup, makan bahan makanan yang ditanam sendiri, dan jangan merasa malu jika ke mana-mana jalan kaki atau naik sepeda. Ini solusi paling mudah untuk mempertahankan tubuh yang sehat dan bugar. 

Related Posts

Post a Comment