Sehat dengan Alam

Post a Comment

Hidup berdekatan dengan alam atau hanya sekedar menghabiskan waktu di tempat tersebut, ternyata bisa mendapatkan manfaat kesehatan yang signifikan. Sehat dengan alam memang sebuah solusi sehat yang bisa dilakukan secara alami.


Cara sehat dengan alam bisa dilakukan oleh siapa saja, tanpa kecuali. Caranya pun amat sangat mudah.

Penelitian tentang sehat dengan alam

Ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of East Anglia, tentang korelasi hidup di lingkungan alam sehat dengan risiko terkena penyakit. Hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa beberapa risiko dari penyakit parah dapat dikurangi melalui lingkungan tinggal yang sehat. Beberapa penyakit tersebut antara lain diabetes tipe II, penyakit kardiovaskular, perasaan stres, dan tekanan darah tinggi.

Diperkirakan jika seseorang menghabiskan waktu 120 menit dalam seminggu berada di alam terbuka, tubuhnya akan lebih sehat. Meski begitu, tidak harus langsung menghabiskan 2 jam, tetapi kamu dapat melakukannya secara akumulasi dalam minggu tersebut. Maka dari itu, cobalah untuk membiasakan diri untuk menghabiskan waktu di alam terbuka.


Manfaat menghabiskan waktu di alam terbuka

Kamu juga harus tahu beberapa manfaat lainnya yang dapat langsung dirasakan jika rutin melakukannya. Bisa untuk menurunkan kadar stres.


Manfaat yang pertama dari rutin melihat alam terbuka adalah kadar stres yang terjaga di ambang normal. Saat tubuh berinteraksi dengan alam, otak akan menjadi lebih tenang secara alami sehingga stres akan berkurang drastis. 

Kamu bisa melakukannya dengan berkunjung ke taman terdekat untuk sekadar berolahraga atau jalan-jalan sore santai. Atau bisa juga berjalan-jalan menyusuri pantai. 



Menciptakan lingkungan sehat

Ada cara paling mudah jika ingin hidup sehat. Tak harus datang ke tempat yang masih alami, tapi tinggal di lingkungan yang sehat.

Lingkungan sehat dapat kita ciptakan. Prosesnya perlahan tapi pasti. Memang tak ada cara instan. Kalaupun ada, hasilnya juga secepat cara tersebut.

Lingkungan rumah di perkotaan biasanya lebih panas udaranya, dan banyak debu. Banyak juga asap kendaraan, terutama berjenis solar

Namun coba perhatikan, pasti ada satu dua rumah di antara belasan yang tampak teduh dan asri. Udaranya lebih segar, hawanya lebih sejuk. 

Rumah semacam ini adalah rumah yang sehat. Mereka yang tinggal akan lebih sehat dan bugar. Tentu lebih panjang usianya.  

Membuat rumah menjadi punya banyak tanaman sama sekali tidak sulit. Pilih tanaman yang sangat cepat berkembang biak. Contohnya menanam bayam brazil

Bayam brazil sangat cepat berkembang biak. Sangat cepat diperbanyak. Caranya adalah menanam kembali batang sayur tersebut setiap kali panen untuk dimasak.

Jika ingin menanam bunga, maka bunga miana adalah solusi yang paling tepat. Bunga ini juga sangat cepat tumbuh, rimbun dan dapat diperbanyak. Bahkan hasil pruning pun bisa menjadi bunga baru. 

Jangan lupakan untuk menanam pohon. Pohon yang mudah tumbuh adalah buah jambu atau rambutan.

Membuat rumah asri dengan tanaman adalah solusi sehat dengan alam yang paling mudah dan murah. Murah memang relatif, namun jika mencukupkan pada tanaman yang mudah didapat dan murah, maka biayanya tentu saja jadi lebih sedikit. Bahkan bisa gratis, jika menemukan tempat yang tepat.

 

Related Posts

Post a Comment