Dua Buah Lokal yang Mengandung Kalsium

Post a Comment

Kurang kalsium bisa berakibat buruk pada tubuh kita. Pada anak bisa membuat mereka terkena stunting. Ini harus dicegah. Anak biasanya suka makan buah, jadi bisa memberi mereka buah yang banyak mengandung kalsium. 

Dua Buah Lokal yang Mengandung Kalsium


Buah apa yang banyak mengandung kalsium? Hoho, tentu saja ada lumayan banyak, sobat Dewa Alam. Banyak juga buah yang mudah ditemukan di sekitar rumah kita. Apa itu? 

Jeruk dan pepaya adalah yang paling mudah ditemukan bahkan di desa. Masih ada strowberry, kurma, plum, kiwi dan buah ara. Yang terakhir disebut ini memang tidak seberapa mudah didapatkan. Ya sudah, fokus yang ada saja. Jeruk dan pepaya juga enak dan biasanya jadi favorit anak.

Kali ini aku hanya fokus pada dua buah lokal yang sangat mudah didapatkan dan anak pasti suka. Buah yang lainnya akan dijelaskan lain waktu. 

1. Jeruk

Semua orang tahu kalau jeruk kaya akan vitamin C. Tapi jangan salah, dalam sebutir jeruk mengandung 40 mg kalsium. Lebih tepatnya menurut Frisian Flag, jeruk mengandung kalsium sebanyak 40 miligram per sajian 100 miligram.

Kandungan kalsium dalam jeruk dapat membantu menjaga struktur tulang dan gigi sementara vitamin D, serta dapat membantu tubuh dalam penyerapan kalsium.

jeruk adalah salah satu buah berwarna jingga yang cukup populer berkat rasa manis alaminya. Terkadang ada sedikit rasa asam segar. Jeruk merupakan sebuah buah yang memiliki khasiat dan sering jadi andalan keluarga. Buah ini jadi solusi jika ingin membeli buah dengan harga murah.

Jeruk juga disebut sebagai buah sitrus. Buah ini memiliki banyak kandungan vitamin C dan anti oksidan, yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi dan flu. Kandungan phytochemicals dapat mencegah beberapa penyakit kanker.

Nah lho, segitu banyaknya khasiat jeruk, sehingga sayang untuk dilewatkan. 

Anak bisa kok diajari cara aman makan jeruk.... Jadi jangan menjauhkan anak dari makan jeruk hanya karena ada bijinya, ya.


2. Pepaya

Pepaya berwarna jingga seperti jeruk. Tekstur buahnya lembut dan sangat disukai oleh anak. Bahkan bayi juga suka.

Pepaya punya nama ilmiah Carica papaya L. Tumbuhan ini diperkirakan menyebar pertama kali dari Meksiko bagian selatan. Ada yang menyebut dari Amerika Selatan bagian utara. 

Yang jelas sih pepaya sudah menyebar ke seluruh dunia. Paling banyak di daerah beriklim tropis. 

Selain kalsium, pepaya juga mengandung serat dan kadar air yang tinggi. Di dalam pepaya terdapat enzim pencernaan bernama papain dapat membantu pencernaan saat mengalami sembelit.

Pepaya kaya akan vitamin dan mineral. Ada vitamin C, vitamin A, vitamin B1, B3, B5, vitamin E, dan vitamin K. Selain itu, buah ini juga mengandung likopen, serat, folat, magnesium dan tentu saja termasuk jenis makanan yang mengandung kalsium. Dalam 100 gram buah pepaya, terdapat 20 miligram kandungan kalsium. 


Jeruk dan pepaya, dua buah yang sangat mudah ditemukan, dan bisa membantu menambah jumlah asupan kalsium harian kita. Sehat memang tak selalu mahal, ya. Sehat dari alam sekitar lebih baik.

Related Posts

Post a Comment