Mulut Terasa Pahit saat Sakit, Ini Penyebab dan Cara Atasinya

Post a Comment

Kalau sedang sakit, mulut biasanya terasa pahit. Jadinya malas makan dan sembuhnya lama. Ini lho cara mengatasi rasa pahit di mulut saat sakit. Mudah kok caranya. 

mulut terasa pahit saat sakit, ini penyebab dan cara atasinya ala dewa alam


Beneran mudah caranya. Yang penting tahu dulu apa penyebabnya, karena beberapa memang harus mengatasi masalahnya dulu.


Penyebab mulut terasa pahit

Ada beberapa penyebab mulut terasa pahit. Kebanyakan tidak berbahaya dan bukan dari penyebabnya berbahaya. Misalnya efek dari mengonsumsi obat-obatan tertentu. 

Masalahnya, mulut pahit bisa membuat sangat tidak nyaman dan bisa menurunkan nafsu makan. Kalau dibiarkan, tentunya tidak baik. Bisa bikin enggan untuk minum air putih juga. Padahal, tubuh manusia membutuhkan asupan air yang cukup setiap hari. Bila hal ini dibiarkan saja, kamu berisiko mengalami dehidrasi yang akhirnya bisa berdampak pada kesehatan tubuh. 

Masalahnya lagi, jika mulut pahit berasal dari kondisi penyakit yang lebih serius. Mengetahui penyebabnya bisa membantu mengatasi bahkan mencegahnya.

Secara umum, mulut pahit disebabkan oleh beberapa hal, seperti gangguan pada asam lambung, konsumsi obat-obatan tertentu, hingga masalah pada gigi dan gusi. Ini versi lengkapnya. 


1. Hidung tersumbat

Mulut kering disebut xerostomia. Biasanya disebabkan oleh beberapa faktor misalnya konsumsi obat-obatan tertentu, atau setelah konsumsi tembakau. Bisa juga karena kondisi hidung tersumbat sehingga harus bernapas melalui mulut. Hal ini membuat mulut terasa kering. 


2. Mulut kering

Mulut kering juga bisa terjadi karena mulut tidak menghasilkan cukup air liur. Karena air liur membantu mengurangi bakteri di mulut, memiliki air liur yang sedikit menyebabkan lebih banyak bakteri bertahan di dalam mulut. Orang dengan mulut kering bisa merasakan rasa lengket dan kering, serta pahit di mulut mereka. 


3. Kurang Vitamin

Kurang Vitamin bisa sebabkan mulut terasa pahit, terutama kekurangan vitamin B12 dan zinc. Vitamin di atas sangat dibutuhkan  oleh tubuh untuk menjaga fungsi organ. 

Coba penuhi kebutuhan B12 dan zinc dengan buah lokal yang mudah ditemukan di sekitar kita. 

Jangan lupa untuk mengecek tanda anak kekurangan vitamin dan mineral di blog Dewa Alam juga.


4. Masalah Asam Lambung


Ada satu penyakit bernama Gastroesophageal reflux disease (GERD) yang membuat penderita selalu merasa mulutnya pahit. Penyebabnya adalah naiknya asam lambung. Sensai lainnya adalah rasa mual dan muntah yang pada akhirnya berujung pada muncul rasa pahit di mulut. 
Orang dengan GERD tidak boleh konsumsi beberapa makanan secara berlebihan. Bahkan berkecukupan bagi orang tanpa GERD. Makanan pedas salah satunya.

5. Sedang Hamil


Wanta hamil sering merasa mulutnya pahit sehingga tidak selera makan, tidak suka minum, dan semacamnya. Oenyebabnya adalah peningkatan atau penurunan kadar hormon estrogen. Hormon memang fluktuatif.  Inilah penyebab rasa pahit di mulut. Beberapa perempuan yang haid mengalami masalah yang sama. 


Cara efektif mengatasi mulut terasa pahit

Penyebab di atas bisa dikatakan penyebab yang tidak berbahaya dan situasional. Jika mulut selalu terasa pahit dalam jangka waktu yang sangat lama, sebaiknya periksakan ke dokter. Bisa jadi ada masalah serius dalam tubuh yang perlu segera ditangani.
Berikut cara efektif mengatasi mulut terasa pahit. Cukup cepat dan mudah dilakukan.

1. Rajin berkumur dan minum banyak air putih. 

Apapun penyebabnya, lebih baik berkumur dulu sebelum minum (atau makan) karena siapa tahu penyebabnya adalah perkembangbiakan bakteri yang sangat cepat akibat suatu kondisi. Minum air putih bisa mengurangi rasa pahit bahkan menghilangkannya.

2. Jaga kebersihan mulut dengan rutin sikat gigi dan pakai mouthwash

Dua cara di atas, sikat gigi dan berkumur dengan mouthwash adalah solusi yang paling cepat kedua. Dan paling tuntas mengatasinya.

3. Makan buah jeruk, terutama lemon 

Kalau sedang sakit, mimin Dewa Alam suka minum air jeruk lemon/nipis hangat. Apalagi kalau mulut pahit. Mengenai jenis jeruknya, bisa lemon atau jeruk nipis. Yang mudah ditemukan saja. Rasa asam pada jeruk sangat ampuh dalam merangsang indra perasa, selain vitaminnya yang sangat banyak. 

Itu 5 penyebab rasa pahit di mulut dan cara paling mudah untuk mengatasinya. Semoga cepat sembuh ya Sob!
Newest Older

Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a Comment