Daftar Buah Asli Indonesia

Post a Comment

Tanah di Indonesia sangat subur. Banyak sayur dan buah yang memang asli dari sini. Beberapa sangat mudah didapatkan, beberapa sudah sulit alias langka. Yuk sob, kita bahas buah asli Indonesia.

daftar buah asli indonesia ala dewa alam




Kita semua kan ingin sehat dan cantik dengan bahan dari alam. Yang murah,mudah didapat dan sangat berkhasiat. Betul?

"Orang bilang tanah kita tanah surga. Tongkat kayu dan batu jadi tanaman..." 

Masih ingat cuplikan lagi berjudul Kolam Susu dari Koes Ploes di atas? Generasi lama sangat ingat lagu ini. Om Yoek Koeswoyo memang hebat banget dalam menggambarkan keunggulan Indonesia di bidang ketahanan pangan. 


Beda buah asli dengan buah lokal

Memang, Indonesia kerap dijuluki sebagai taman surga karena kesuburan tanahnya. Punya banyak tanaman asli yang berasal dari sini. Punya banyak sekali buah lokal yang berasal dari tanah-tanah tropis. Saking lamanya sehingga dikira buah lokal. Contohnya nanas. 

Siapa yang mengira nanas adalah buah asli Indonesia? 

Bukan, nanas adalah buah lokal dari Indonesia namun bukan tanaman asli dari sini. Tepatnya dari Brazil sana. Dibawa ke Nusantara sekitar abad ke-15. 

Tapi ni ya... tapi... buah nanas ada dalam ukiran batu di Masjid Mantingan. Menurut hasil penelitian ahli antropologi, semua tanaman yang diukir di sana merupakan tanaman yang sejak lama dijadikan sebagai tanaman untuk obat, perayaan, konsumsi, pembangunan, dan banyak lagi. Intinya adalah tanaman yang dipergunakan oleh masyarakat Jepara kuno.

Sebelum artikel ini berbau antropoligi sejarah.... Yuk ah,kita mulai.

Buah asli Indonesia

Kabarnya, dari data Kementerian Pertanian, setidaknya ada 25 hingga 35 jenis buah asli Indonesia yang berasal dari berbagai wilayah di Nusantara. Namun Tim Dewa Alam belum menemukan semuanya. Hanya beberapa yang diketahui, yaitu: sawo, kesemek, jeruk bali, jambu air, jambu biji, duku, belimbing, manggis, sirsak, salak, rambutan, pepaya, mangga, jamblang, kecapi, owok, gandaria, cempedak dan masih banyak lagi.

Buah asli Indonesia atau yang kerap disebut buah nusantara terdiri dari beraneka ragam jenisnya. Melansir data Kementerian Pertanian, setidaknya ada 25 hingga 35 jenis buah asli Indonesia yang berasal dari berbagai wilayah di Nusantara. 

Buah-buahan Indonesia terkenal dengan rasanya yang manis dan lezat. Buah tropis yang pas banget dimakan di segala cuaca. Tapi, pasti tahhu dong kalau ada beberapa buah yang dianggap aneh oleh orang asing seperti durian dan cempedak. Buat kita sangat lezat, buat mereka seperti bom bau.


Ayok kita bedah 7 dari 35 buah asli Indonesia!

1. Kesemek

Buah kesemek dalam Bahasa Inggris disebut buah persimmon. Warna buahnya jingga kekuningan. Bentuknya mirip seperti buah apel. 

Buah kesemek Indonesia kadang disebut buah genit karena diberi pupur putih. Buah yang dibedaki. Sebenarnya itu zat kapur yang dioleskan pada buah kesemek. Fungsinya untuk engurangi rasa sepat. Tanpa treatment seperti itu, buah kesemek nusantara akan terasa sangat sepat.


2. Durian 

Durian merupakan buah asli Indonesia. Buah ini tumbuh dan tersebar di daerah tropis. ia dikenal sebagai rajanya buah-buahan alias king of fruitDurian dianggap aneh oleh orang asing karena durinya tajam, baunya menyengat, dan rasanya yang aneh. Mereka sangat heran mengapa buah seperti itu sangat disukai di Nusantara. Kira-kira jika mereka mau coba, apakah akan ketagihan dan selalu menantikan musim buah durian?


3. Jeruk bali

Satu buah jeruk bali memiliki berat 1-2 kg. Ukuran yang besar untuk sebuah jeruk. Orang sana menyebutnya grapefruit atau jeruk besar. Kita menyebutnya jeruk bali. Entah apa sebabnya, yang jelas bukan tanaman endemik bali. Sekarang terkenal dengan nama pomelo. 


4. Jamblang/Juwet/Duwet

Mimin Dewa Alam selalu menantikan musim juwet alias jamblang. Buahnya kecil-kecil berwarna ungu. Ada yang berwarna putih juga. Tapi bukan anggur ya. Kalau ada yang bilang mirip dari jauh, its' oke lah... 

Buah jamblang punya beberapa jenis tapi secara umum dibagi dua berdasarkan warna: ungu dan putih. Selain warnanya yang berbeda, rasa buah jamblang ini juga berbeda-beda tergantung warnanya. Yang warna ungu kehitaman punya rasa rasa yang agak sepat, manis, dan asam. Yang warna putih rasanya lebih manis.


5. Rambutan

Siapa suka rambutan? Bentar lagi musim. Buah rambutan punya “rambut” di kulitnya. Saat matang, kulit rambutan biasanya berwarna merah, dan buah di dalamnya berwarna putih atau transparan. Rambutan tumbuh hampir merata di seluruh wilayah Indonesia. Namun, ada beberapa daerah yang terkenal dengan produksi rambutan-nya, seperti Binjai, Aceh, Subang, Ciamis, dll. 

Suka yang jenis mana nih?

Rambutan. Sumber freepik @suksao


6. Jambu Air 

Buah rasanya enak dan sangat berair. Pas banget di saat melakukan perjalanan. Jambu air biasanya berwarna merah di bagian luar, dan putih pada bagian dalamnya. Buah yang satu ini tergolong praktis dan bisa langsung dinikmati, karena tidak perlu dikupas kulitnya terlebih dahulu. Nama latinnya Myrtaceae. Nama yang manis, ya.

Jambu air adalah buah yang segar dan biasa matang serta di panen saat musim kemarau. Cocok ditanam di segala jenis dataran, mulai dari 0 - 1600 dpl. Tahu nggak, jambu air yang ditanam di dekat pantai punya rasa manis yang intens, makanya Demak sangat terkenal dengan jambunya.


7. Mangga

Mangga sudah ada di Indonesia sejak 1.500 tahun lalu. Kita punya banyak sekali jenis mangga, seperti mangga Arumanis, mangga Apel, mangga Manalagi, mangga Podang, mangga Indramayu, mangga Pakel dll.

Buah mangga rasanya manis dan wangi. Punya banyak antioksidan sehingga sangat menyehatkan. Kita perlu kupas kulitnya dulu ya, sebelum makan. Buah ini termasuk daftar buah lokal yang mengandung kalsium lho.

Mangga. Sumber freepik @jcomb


8. Kelengkeng

Kelengkeng atau lengkeng, yang memiliki nama latin Dimocarpus longan. Termasuk nusantara. Daging buah lengkeng memiliki rasa yang manis, warna transparan, serta berair. Buah ini berkembang di Indonesia, di dataran medium hingga tinggi. Sekarang sudah ada kelengkeng dataran tinggi. Bisa beli di toko-toko tanaman buah di dekatmu.


9. Manggis 

Manggis punya nama latin Garcinia mangostana L. Bentuknya bulat, kulitnya berwarna ungu saat matang, tapi daging buahnya berwarna putih. Kadang ada biji di dalamnya.  dan memiliki biji di dalamnya. Jika durian disebut raja buah, maka manggis adalah ratunya buah-buahan.


10. Kecapi 

Buah kecapi adalah salah satu asli nusantara, yang saat ini sangat sulit ditemukan di toko penjual buah. Bentuk buahnya bulat, berwarna kuning, dan memiliki bulu halus. Jika diperhatikan, daging buah kecapi mirip dengan buah manggis. Mungkin itu sebabnya, buah ini disebut sebagai wild mangosteen

Buah kecapi memiliki rasa yang manis asam dengan daging buah berwarna putih dan bertekstur lunak. O iya, selain bisa dimakan langsung, buah kecapi juga bisa diolah menjadi selai, manisan, juga sirup.


Di antara semua buah asli Indonesia di atas, sobat suka yang mana? Buah apa yang belum pernah memakannya? Atau mau melengkapi jadi 35 jenis buah? Share di komentar ya.


Related Posts

Post a Comment